PERBEDAAN GRC BETON DAN BETON BIASA

Beton adalah material yang umum digunakan dalam dunia konstruksi yang terbuat dari campuran semen, pasir dan air. Pada perkembangan zaman beton mengalami perkembangan dengan adanya jenis-jenis beton seperti beton ringan. Beton ringan ini disebut dengan GRC (Glassfiber Reinforced Concrete) yang sekilas seperti beton biasa namun beratnya lebih ringan. Perbedaan GRC dengan beton biasa selain dari beratnya namun beton terdapat tulangan baja di dalamnya sedangkan GRC diganti dengan serat fiber.

GRC tidak memiliki tulangan baja sebagai penguat namun diganti dengan serat fiber sehingga berat GRC menjadi ringan. Karena GRC tidak memiliki tulangan baca di dalamnya sehingga tidak dapat digunakan untuk menahan beban, selain dari beban GRC itu sendiri. GRC digunakan untuk interior atau eksterior suatu bangunan, seperti bahan pelapis dinding, kolom, lisplank atau atap seperti kubah. GRC dapat dicetak di lokasi atau workshop dengan ukuran atau motif yang diinginkan. Motif yang dicetak dengan GRC sangat beragam sampai dengan desain motif yang sangat rumit dapat dicetak.

Beton biasa memiliki tulangan baja sehingga dapat dibuat untuk menopang berat dari bangunan. Beton terbuat dari semen, air, pasir kasar dan halus serta terdapat tulangan besi di dalamnya. Beton biasanya dibuat di lokasi langsung karena berat dan tidak mudah untuk memindahkannya. Karena beton memiliki sifat yang kuat dan tahan akan karat sehingga beton cocok digunakan untuk dasar bangunan, jalan, dan pagar sesuai kebutuhan.

perbedaan grc
Beton Biasa (Beton Betulang)
GRC
perbedaan grc
GRC

GRC yang dibuat oleh CV. Farraz Kreasindo berbeda dengan GRC yang ada di pasaran. Perbedaan GRC yang diproduksi Farraz yaitu adanya besi yang mengikuti lekukan motif dari GRC. Besi ini diberikan bertujuan untuk membuat GRC tidak mudah hancur saat dilepas dari cetakan dan memudahkan dalam pemasangan. Tebal GRC yaitu antara 3-5 cm tergantung produk yang dibuat. GRC yang di produksi Farraz Kreasindo berupa Kubah, Menara, krawangan, masif, Lisplang, Plafon dan pelapis kolom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!