SIMBOL ARSITEKTUR MASJID DI INDONESIA

Masjid adalah fasilitas umum yang digunakan umat Islam untuk beribadah kepada Allah SWT dan menjalankan kegiatan lain yang berhubungan dengan sosial keagamaan. Pada awal pembangunan masjid yaitu pada zaman Rasulluah, masjid hanya berbentuk segi empat dengan dinding pembatas. Pada dalam dinding pembatas dibuatkan serambi yang berhubungan langsung dengan lapangan. Bentuk ini menjadi dasar pembuatan masjid pada masa berikutnya hingga sekarang. Masjid pada zaman dahulu sangat sederhana, karena dalam pembuatannya hanya mementingkan fungsi dari bangunan masjid. Namun seiring perkembangan zaman arsitektur masjid berkembang mengikuti kebudayaan masyarakat sekitar. Dalam pembangunan masjid, arsitektur masjid tidak memiliki patokan khusus hanya saja tidak melenceng dari kaidah Islam. Maka masjid yang ada di seluruh dunia bahkan Indonesia yang merupakan negara kepulauan memiliki simbol arsitektur masjid yang berbeda-beda.

Pembuatan masjid di Indonesia dimulai dari pembuatan masjid yang ada di Pulau Jawa. Masjid di Jawa memiliki ciri khas atap masjid yang berbentuk tajuk yaitu atap yang terdiri dari 3 susun atap. Bentuk masjid ini merupakan akulturasi dengan kebudayaan yang berkembang di pulau Jawa saat itu. Berbeda dengan Jawa, di daerah lainnya di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri dari bangunan masjid. Namun tidak mengurangi dari fungsi masjid itu di buat.

SIMBOL ARSITEKTUR MASJID

Pembuatan masjid memiliki arsitektur yang berbeda pada saat arsitektur timur tengah mulai memasuki Indonesia. Kubah atau bentuk lengkungan pada masjid mulai mempengaruhi pembuatan masjid yang ada di Indonesia. Sehingga semakin lama masjid di Indonesia menjadikan kubah sebagai atap dari masjid yang hampir digunakan di seluruh Indonesia. Kubah masjid di Indonesia dapat diibaratkan dari simbol arsitektur dari masjid, karena hampir semua masjid menggunakannya.

SIMBOL ARSITEKTUR MASJID

Kami CV. Farraz Kreasindo merupakan salah satu perusahaan jasa yang bergerak di bidang interior dan eksterior khususnya masjid. Jasa yang kami tawarkan yaitu pembuatan kubah, menara, lisplang, plafon, krawangan, masif dan mihrab masjid. Jasa yang kami tawarkan sudah mencakup keseluruhan yaitu produksi, pemasangan, serta finishing pengecatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!