VARIASI BENTUK MENARA MASJID DI INDONESIA

Menara adalah bangunan dari masjid yang menjulang tinggi ke atas. Keberadaan menara sudah ada sejak zaman dahulu meskipun bukan berasal dari arsitektur Islam. Namun menara berkembang seiring dengan peradaban Islam yang semakin berkembang dan maju sampai masa sekarang ini. Pada zaman dahulu menara berfungsi untuk mengumandangkan azan agar terdengar luar oleh penduduk. Bentuk menara pada zaman dahulu masih berupa batu bata yang di susun tinggi dan diberi tangga untuk memudahkan naik ke puncak menara. Seiring perkembangan zaman variasi bentuk menara menjadi lebih bermacam-macam disesuaikan dengan bangunan masjid.

Variasi bentuk menara pada umumnya ada 4 bentuk antara lain bentuk klasik, variasi, segi empat, silinder dan spiral. Bentuk klasik yaitu menara yang memiliki bentuk segi empat pada bagian bawah terus naik ke atas berbentuk segi delapan kemudian silinder dan terdapat kubah kecil pada puncaknya. Bentuk variasi dulunya berbentuk segi empat dan berubah menjadi segi enam yang berbentuk segi delapan pada bagian atasnya. Untuk menara silinder bentuknya konsisten silinder sampai ke puncak, hanya saja pada bagian puncak sedikit lebih kecil. Menara bentuk spiral memiliki bentuk menara yang berbentuk silinder berdiri tegak dan semakin kecil pada bagian atasnya. Selain itu tangga menuju ke puncak menara di buat melingkari menara dengan ini diberikan nama menara spiral.

Pada masa yang sudah modern ini menara masjid memiliki bentuk yang lebih berbeda pada bentuk sebelumnya. Salah satu bentuk menara masjid yaitu hanya berbentuk persegi tipis yang menjulang ke atas dengan bentuk semakin meruncing pada bagian atasnya. Tidak adanya kubah kecil atau mahkota pada menara, sehingga desain ini cocok dipadukan dengan masjid yang modern. Masjid modern sekarang ini tidak memakai kubah atau menara yang pada umumnya. Masjid pada masa sekarang ini lebih seperti gedung bertingkat dan sedikit sentuhan menara yang senada dengan bangunan masjid pada bagian atas atau samping masjid.

variasi bentuk menaraMenara modern

variasi bentuk menaraMenara Variasi

Menara Klasik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!